loading...

Senin, 16 Juli 2018

Keyword Python (Bagian 4) - Selesai

Untuk keyword and, as, assert, break dan class bisa di baca di sini https://bl4ckside.blogspot.com/2018/07/keyword-python-part-1.html

Untuk keyword continue, def, del, elif, else, except, finally, for bisa di baca di sini https://bl4ckside.blogspot.com/2018/07/keyword-python-part-2.html

Untuk keyword from, global, if, import, in, is, lambda dan not bias dibaca di https://bl4ckside.blogspot.com/2018/07/keyword-python-bagian-3.html

Kita lanjut ke keyword berikutnya:

or
Keyword or digunakan untuk menggabungkan dua kondisi bersamaan dalam sebuah statement (seperti statement if) untuk mengatakan bahwa setidaknya salah satu kondisi harus True.
Berikut contohnya:
if blackie == 'Anjing' or blackie == 'Kucing':
    print('Karnivora')
elif blackie == 'Domba' or blackie  == 'Sapi':
    print('Herbivora')

Pada contoh, apabila variable blackie berisikan Anjing atau Kucing, maka program akan mencetak Karnivora. Apabila berisikan Domba atau Sapi, maka akan mencetak Herbivora.

pass
Kadang ketika kita membuat sebuah program, kita ingin menulis hanya bagian kecil, to mencoba program berjalan. Keyword pass berfungsi seperti itu.


raise
Keyword raise dapat digunakan untuk menyebabkan kesalahan terjadi.

return
Keyword return digunakan untuk mengembalikan nilai dari sebuah fungsi.
Contoh:
def umur_dalam_detik(umur_dalam_tahun):
    return umur_dalam_tahun * 365 * 24 * 60 * 60

Ketika kita memanggil fungsi ini, nilai yang dikembalikan dapat ditetapkan ke variable lain atau dicetak.
>>> detik = umur_dalam_detik(9)
>>> print(detik)
283824000

try
Keyword try memulai blok kode yang berakhir dengan except dan keyword finally. Bersama-sama, try/except/finally blok kode digunakan untuk menangani kesalahan dalam suatu program, seperti memastikan bahwa program ini menampilkan pesan yang bermanfaat kepada pengguna, bukan kesalahan Python yang tidak ramah

while
Keyword while mirip for, kecuali loop menghitung sebuah range, tetapi perulangan while tetap berjalan ketika expresi bernilai True. Hati-hati dengan perulangan loop karena jika ekpresi selalu bernilai True, perulangan tidak akan pernah berhenti (disebut juga infinity loop).
Misalnya:
>>>x = 1
>>>while x ==1:
           print("Halo")
Jika kita menjalankan kode ini, akan mengakibatkan perulangan terus menerus, sampai akhirnya harus menutup Python shell atau menekan CTRL-C untuk membatalkan perluangan itu.
Buatlah kondisi sampai False.
Misal:
>>>x = 1
>>>while x < 10:
           print("Halo")
           x = x + 1

with
Keyword with digunakan Bersama dengan sebuah objek untuk membuat blok kode, mirip seperti keyword try dan finally.

yield
Keyword yield mirip return, except yang digunakan dengan kelas objek tertentu yabg disebut generator. Generator membuat value on the fly(yang merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa value dibuat beradasarkan request), jadi dalam hal itu, fungsi range berperilaku seperti generator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar