loading...

Senin, 29 Januari 2018

Instalasi modul Sales di Odoo 10

Setelah membuat database di Odoo yang sudah terinstal di server ubuntu 16.04, disini kita akan mencoba salah satu modul di Odoo, yaitu : modul Sales.

 Analogi:
- Perusahaan Pystore bergerak di penjualan konveksi grosir dan eceran
- Topik meliputi: Instalasi modul Sales, membuat daftar customer/pelanggan, membuat daftar produk



Masuk ke web odoo, klik menu Apps di pojok kiri atas.
Pilih module Sales, lalu klik Install. Proses install mebutuhkan waktu, tunggu saja, lalu akan di arahkan ke halaman menu Discuss.



Setelah proses instal modul selesai, tampilan halaman odoo akan berubah, dimana terdapat penambahan menu Sales dan Invoicing.
Screenshoot

Klik menu Sales, dan akan ada dashboard yang berisi Direct Sales dan Website Sales.


Membuat Customer Pertama

Klik Customer yang ada di panel kiri, lalu klik Create


Pada form Customers/New, isikan data customer (field yang berwarna ungu wajib diisi)
Catatan: - Customer yang dibuat adalah Individual, pilih button Company apabila customer berbentuk perusahaan.

Cutomer Sales and Pruchase
Pada tab ini, terasosiasi dengan opsi sales, baik ke sales personal.



Customer Accounting
Pada tab ini, terasosiasi dengan kebijakan pajak dan ketentuan pembayaran.


Setelah data customer sudah berisi informasi yang lengkap, klik save.


Membuat Produk
Setelah membuat customer, selanjutnya membuat produk yang akan dijual.
Klik Product yang ada di panel kiri, lalu klik Create


Pada form Products/New, isikan informasi produk.


Setelah data yang dimasukkan sudah sesuai dengan standar perusahaan, klik save.
Untuk tab Invoicing, terdapat Customer Tax dan Vendor Tax, sesuaikan besaran pajak yang dikenakan untuk penjualan produk tersebut.

Memasuki Pemesanan Penjualan
Disini memasuki proses pemesanan produk/Sales Order.
Pada menu Sales, pilih Sales Order.

Dimana produk T-Shirt Ubuntu, akan di jual ke pelanggan Budi Santoso.

- Customer, terdapat daftar customer yang sebelumnya diinput(bisa di create apabila belum ada di database customer.
- Order Date, otomatis ter set dengan tanggal SO dibuat
- Expiration Date: di field akan otomatis keluar kalender, sesuaikan dengan tanggal expire SO
- Payment Terms: ada 3 pilihan, yaitu: 15 days, 30 days dan Immediate Payment
- Tab Order Line: klik Add an item, untuk memasukkan produk yang akan di buat SO, field lainnya akan otomatis terisi dengan rincian produk yang telah dibuat sebelumnya. Apabila belum pernah dibuat, bisa di pilih Create/Edit.
 Sampai tahap ini, order masih berupa Quotation. Klik tombol Confirm Sale untuk mengubah Quotation menjadi Sales Order.

Tagihan Penjualan
Untuk beberapa perusahaan, melampirkan invoice.
Pada Sales Order yang dibuat, klik tombol Create and View Invoices.
Pada layar Invoice Order, pilih default Invoice line (deduct down payments), karena disini customer tidak menggunakan DP. Lalu klik tombol Create Invoices. Disini status invoice masih berbentuk draft.


Membuat Invoice
Untuk melakukan konfirmasi invoice dan mempost transaksi, klik tombol Validate.

Akhirnya, invoice akan keluar seperti halaman ini:
 

Tip: - Setiap invoice yang sudah di buat, tidak bisa di hapus.
        - Gunakan tombol refund untuk membatalkan invoice yang salah cetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar