loading...

Rabu, 06 September 2017

Boot dari USB Flash Drive di VMWare ESXi


Kali ini kita akan mencoba untuk install windows 7(OS lain juga bisa) lewat boot USB di VMWare ESXi.
Kenapa lewat boot USB? Karena HDD external yang berisi ISO OS dan film koleksi ketinggalan (tepatnya masih nancap di TV rumah).
Kamu bisa menggunakan cara ini apabila memiliki kendala seperti saya :).

Aplikasi yang dibutuhkan:
  1.  Boot USB yang berisi sistem operasi (disini boot USB saya berisi Windows 7)
  2.  Download Plop Boot Manager di sini atau disin 
Setelah aplikasi diatas sudah tersedia, berikutnya ikuti langkah dibawah:
  1. Extract file zip Plop Boot Manager

  2. Lalu masuk ke server ESXi dan buat sebuah virtual machine, disini saya membuat sebuah VM dengan OS windows 7. 

  3. Masukkan file plpbt.iso sebagai boot media di ESXi.

  4.  Masuk ke edit dan tambahkan Add other device

  5. Setelah langkah diatas sudah sesuai, lakukan instalasi dengan mengklik menu Power ON

  6. Setelah itu akan muncul boot lewat Plop Manager, pilih USB dan enter.

  7.  Maka boot via Flash Drive pun berhasil (disini saya menggunakan Yumi sebagai bootbable manager.

  8. Selesai.

Berikut saya buat dalam bentuk video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar